Nonton Kroncong

Tadi malam saya nonton Solo Kroncong Festival 2012 di Ngarsopuro sama @Efendi_ND. Hanya berdua karna yang lain sedang pada sibuk dengan urusan masing-masing :(. Soal musik kroncong sebenarnya saya tidak suka-suka banget, kalau saja pada tahun 2007 @BondanF2B tidak mengeluarkan single Kroncong Protol barangkali sampai sekarang saya masih apatis untuk mengapresiasi jenis musik ini. Toh lagu kroncong yang saya tahu cuma satu—Bengawan Solo nya alm. Gesang.

Selidik punya selidik ternyata musik kroncong itu lebih bagus dari yang saya bayangkan. Apalagi kalau ditonton secara live seperti tadi malam. Melihat instrumen biola yang digesek-gesek oleh para violista dan suara-suara vocalist yang menggelombang seperti sinyal amplitudo rupanya memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Sambil cengengesan saya bilang ke @Efendi_ND kalau Kang*n Band tidak akan bisa meniru seperti ini

Menurut MC, musisi-musisi yang tampil tadi malam adalah para maestro di musik kroncong. Sebagian adalah para juara tingkat nasional maupun regional dalam festival kroncong. Salah satu grub penampil berasal dari Jogja yg dipimpin oleh *maaf lupa namanya* yang berkolaborasi dengan salah seorang dosen bule di ISI yang mengkolaborasikan musik kroncong dg musik klasik. Selain itu grub orkestra yang terdiri dari sekitar 20 s/d 30 personel ini juga berkolaborasi dengan paduan suara dari SMAN 4 Surakarta yang membawakan lagu ondel-ondel asal Betawi, Janger dari Bali, Yamko Rambe Ramko dari Papua dan beberapa lagu dari daerah lain.

And here my album of the last night show 🙂

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *