Seminar Wirausaha di UNDIP

Hey, apakah Anda pernah mengengar nama Bob Sadino?. Kalo belum berarti anda termasuk orang yang ketinggalan informasi di era informasi :p . Beberapa hari yang lalu saya bersama teman saya mengikuti sebuah seminar wirausaha di Universitas Diponegoro, Semarang. Seminar tersebut menghadirkan om Bob sebagai pembicara. Terus terang saya tidak begitu mengidolakan beliu, saya hanya kagum sama idealismenya untuk menjadi seorang yang mandiri dan tak menggantungkan hidup pada orang lain.

“orang yang bekerja untuk orang lain sama saja melacurkan diri”. Begitu kata beliau

Intinya beliau berpendapat bahwa untuk hidup bahagia kita harus mandiri.

Ketika ditanya arti sukses beliau mengatakan bahwa sukses itu nggak ada yang ada hanyalah akibat dari apa yang kita lakukan sekarang. Beliau sendiri tidak pernah merasa dirinya sukses, Orang lainlah yang menganggap dirinya sukses. Sebagai pengusaha di bidang agriculture beliu menganggap bahwa seorang pengusaha *atau bisa dikatakan pedagang (barang dan jasa)* adalah seorang pelayan. Apa yang dibutuhkan oleh konsumen sebisa mungkin harus disediakan.

Salah satu yang menjadikan beliu begitu fenomenal sebagai seorang wirausaha adalah pemikirannya tentang pendidikan. Beliau menganggap untuk belajar tidak hanya di bangku sekolah, bahkan beliau menganggap sekolah hanya sampah. Belia sendiri hanya bertahan 3 bulan di bangku kuliah, habis itu cabut. Beliau lebih menyukai ilmu jalanan yang sifatnya lebih real dan up to date. Beliau menganalogikan ilmu yg didapat dr bangku sekolah sebagai sebuah makananan yang mudah basi. Artinya ilmu yang diperoleh hanya teori dari massa ke massa yang belum tentu relevan digunakan dijaman sekarang *kalo rumus2 matematika gimana om?.nah lo*

Sebenarnya saya kurang setuju sama pikiran beliau yang menganggap sekolah hanyalah sampah. Kalo dalam konteks wirausaha mungkin pendidikan formal memang tidak penting, namun dalam hal yang lebih luas jelas itu salah. Sekolah tujuannya untuk mencari ilmu *bagi yang memang niat untuk sekolah*. Sekolah membuat kita untuk belajar sistematis *ini kata iphincow*.

Apapun itu om Bob memang orang yg luar biasa. Idealismenya untuk tidak menggantungkan hidup pada orang lain pantas untuk dicontoh. Satu kata buat om Bob. LUAR BIASA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *