Tips Kepemimpinan Ala Sir Alex

Oke, saya tahu saat ini dunia online sedang dihebohkan oleh konspirasi hati dan kudeta kemakmuran dari Vicky. Tapi, sekarang sudah saatnya kita move on dan beralih ke dunia yang lebih sehat – olahraga. Kalian kenal Sir Alex Ferguson, kan? Dia adalah sosok manager olahraga paling keren di dunia, khususnya sepak bola. Aura kepemimpinannya bahkan meluas kemana-mana, tak sebatas pada dunia sepakbola semata. Bahkan sampai ke dunia pendidikan. Universitas terkemuka asal AS, Harvard, beberapa waktu lalu mengundang sir Alex untuk mengisi kuliah dengan materi kepemimpinan disana. Itu menunjukkan kalau metode kepemimpinan yang ia terapkan selama berkarir sebagai manager memang diakui

 

Sebagai penggemar Manchester United, saya turut bangga mendengar kabar ini. Meski sekarang sir Alex sudah pensiun, setidaknya, ia masih menjadi bagian dari Manchester United.

Perjalanan sir Alex memang tak semulus yang dibayangkan. Saat awal-awal melatih Man.Utd ia juga sempat disorot karna tak kunjung memberikan gelar. Tapi, memang benar. Kesabaran selalu membuahkan hasil. Selama 26 tahun berkarir di Old Trafford, ia total memberikan gelar liga sebanyak 13. Itu masih diikuti oleh sederet gelar lain yang totalnya mencapai 25 trofi.

Lalu, apa resep yang dimiliki Sir Alex hingga ia bisa menjadi seperti itu? Karakter kepemimpinan yang kuat menjadi salah satunya. Di Harvard Sir Alex membagikan kiat-kiat yang ia terapkan selama menjadi pelatih. Ada delapan poin yang ia bagikan. Dimulai dari membangun fondasi kepemimpinan kuat hingga tak pernah berhenti untuk beradaptasi.

Selebihnya, kalian bisa baca sendiri di website Hardvard yang link-nya sudah disertakan di emded tweet diatas. Bahasa Inggris saya jongkok, takutnya malah menyesatkan :D.

Intinya, saya cuma share link keren ini ke kalian dalam rangka memakmurkan kaderisasi kepemimpinan coz I’m think that this terlalu important untuk disimpan sendiri. Nanti hati saya bisa berkontroversi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *